Header Ads

Pemkot Siap Bantu Lulusan Sekolah Untuk Kuliah Dan Kerja


Prabumulih, RT – Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih selalu mengupayakan membantu masyarakat khususnya para pencari kerja agar terbebas dari pengangguran, salah satu yang harus secepatnya dibantu yakni para pelajar lulusan sekolah yang seringkali masih bingung untuk menentukan masa depannya. Nah, terhadap mereka itu, pemkot menawarkan program kuliah gratis dan pelatihan kerja, demikian diungkapkan oleh Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, (8/3/17).

Menurutnya, pihaknya akan terus memberikan kuliah gratis bagi pelajar yang memiliki nilai terbaik di sekolah."Kita terus memberikan kuliah gratis untuk para siswa yang berprestasi disekolah. Lulusan khususnya dari SMA/SMK/MA ini juga kita selalu lakukan begitu, siswa yang pintar kita kuliahkan di universitas negeri," ungkapnya.

Pemkot juga akan selalu mensuport bagi para pelajar yang akan meneruskan jenjang pendidikannya ketingkat yang lebih tinggi yakni kuliah. "Silahkan bagi siswa yang memiliki kemampuan untuk melanjutkan kuliahnya di universitas yang dituju, capailah cita - cita kalian dengan terus belajar," ujarnya.

Selain itu diterangkannya pula, untuk siswa yang tidak meneruskan pendidikan kejenjang selanjutnya, Pemerintah Kota Prabumulih memfasilitasi untuk pemberian keterampilan usaha sesuai kemampuan yang dimiliki. "Bagi yang tidak melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi, kita memberikan pelatihab seperti menjahit, las dan lainnya. Bagi para lulusan sekolah silahkan daftarkan diri ke Disnaker kalau ingin ikut pelatihan tersebut," bebernya.

Ditambahkan Ridho dengan pelatihan kerja juga akan memberikan bantuan berupa alat agar para peserta dan membuka usaha sendiri ketika telah selesai mengikuti pelatihan. "Setelah pelatihan, kita juga memberikan bantuan alat kerja sesuai bidang yang dipilih. Kalau menjahit, kita berikan mesin jahit begitu pun yang ikut pelatihan las. Semuanya telah kita pikirkan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Prabumulih, H Zulkifli AB SE MM menyampaikan,
bahwa Pemkot Prabumulih selalu mengupaykan pengentasan pengangguran dengan melakukan pelatihan kerja, “Khusus lulusan SMA sederajat kita latih dalam pelatihan kerja yang berbasis kompetensi, yang nantinya ada sertifikat pelatihan, bisa digunakan bila ingin masuk kerja ke perusahaan sesuai jurusan, atau karena telah kita latih tadi mereka juga bisa buka usaha sendiri, apalagi tahun depan siswa pelatihan juga nantinya kita bantu sarana peralatan usaha, sebagai modal kerjanya, diharapkan usaha yang kita lakukan ini dapat sedikit banyak menyerap lulusan sekolahan untuk menjadi angkatan kerja yang produktif," pungkasnya. (01).
Diberdayakan oleh Blogger.