Bapeda Menggelar Musrembang RKPD 2024, Wako: Penyusunan Program RKPD Jangan Sekedar Teori Tapi Harus di Aplikasikan

<<


PRABUMULIH, RUBRIKTERKINI -- Pemkot Prabumulih melalui Bappeda, kembali mengelar Musrenbang RKPD 2024 dipusat di Gedung Kesenian Rumdin Wako, Kamis (30/3/2023).


Kegiatan itu dibuka langsung Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM disaksikan Pejabat Fungsional Bappeda Provinsi Joni Awaluddin SE MT MA, Kepala Bappeda Prabumulih Ir Abu Shochib MT beserta Forkompinda, dan lainnya.



Ridho, begitu sapaan akrabnya menegaskan, penyusunan program dalam Musrenbang RKPD 2024 ini jangan hanya sebatas teori-teori saja. Tetapi, harus benar diaplikasikan sehingga berdampak pada kemajuan dan pembangunan Kabupaten/Kota hingga Provinsi.


“Tidak hanya Pemda saja, melakukan intervensi agar mengentaskan permasalah khususnya masalah pengangguran dan kemiskinan, stunting, dan lainnya. Harusnya, juga ada intervensi dari Pemprov juga. Sehingga, saling berkesinambungan membangun kabupaten/kota hingga Provinsi,” ujar suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.



Contohnya, kata dia, dilakukan Pemkot Prabumulih dalam mengatasi RTLH. Ada aksi nyata, dalam rangka menekannya lewat program bedah rumah bekerja sama Baznas. “Ketika ditanya, apa kamu lakukan guna mengentaskan RTLH. Ini, actionnya bukan sekedar teori saja,” sebut ayah tiga anak ini.


Jika ingin berhasil mengentaskan pengangguran dan kemiskinan, kata adik Wagub Sumsel ini memang ada aksi konsisten. “Soal program pengentasan RTLH, tidak ada sama sekali intervensi Pemprov. Murni anggaran Pemkot Prabumulih, CSR, dan nasional,” terang Politisi Golkar ini.


Ia mendorong agar Pemprov Sumsel, juga memberikan inovasi dan juga aksi nyata kepada Pemda dalam rangka aksi pengentasan kemiskinan dan pengangguran. “Jangan hanya sebatas teori dan teori saja,” bebernya.



Sementara itu, Pejabat Fungsional Bappeda Provinsi Sumsel, Joni Awaluddin SE MT MA mengatakan, garis kemiskinan atau GK akan senantiasa meningkatkan seiring pertumbuhan inflasi di Sumsel ini.


“Laju GK ini perlu ditekan, hingga bisa diturunkan dan tidak mempengaruhi pembangunan dan kemajuan Pemda,” paparnya.


Lanjutnya, penyusunan program penyusunan Musrenbang RKPD 2024 jelas dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kota/kabupaten hingga Provinsi dan Nasional. “Sehingga, saling berkesinambungan dalam memajukan Prabumulih hingga Sumsel dan Indonesia,” tandasnya.



Kepala Bappeda Prabumulih, Ir Abu Shochib MT menjelaskan, kalau Musrenbang RKPD 2024 ini jelas menjadi landasan program Pemkot Prabumulih guna memajukan dan membantu Kita Nanas ini. “Salah satu fokusnya, mengentaskan pengangguran, kemiskinan, stunting, dan lainnya,” pungkasnya. (*)


Editor:Heru

No comments

Powered by Blogger.