Kapolres Prabumulih Tinjau Langsung Proses Penyerahan Surat Suara

<<
PRABUMULIH, Rubrik Terkini.com - Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK didampingi Waka Polres Harris Batara SIK bersama Ketua KPU Prabumulih M Tahkyul serta Ketua Panwaslu Herman Julaidi SH menyaksikan langsung 
penyerahan surat suara untuk pemilihan kepala daerah Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.

Surat suara tersebut dikirim langsung menggunakan ekspedisi dari pihak PT Aksara Grafika Pratama, Jatinegara-Cakung Jakarta Timur. Tercatat sebanyak kurang lebih 131033 lembar surat suara didatangkan ke kantor KPU kota Prabumulih pada Selasa sore (22/05) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK mengatakan, pihaknya turut memantau langsung  proses pemindahan surat suara dari mobil ekspedisi sampai ke ruang penyimpanan di Kantor KPU.

"Tadi kita juga turut memantau proses pemindahan surat suara ke ruang penyimpanan di lantai dua Kantor KPU Prabumulih. Bahkan untuk menjaga keamanan kertas suara gudang tersebut dikunci dengan tiga gembok berbeda.

"Ada tiga kunci, satu dipegang kita selaku pihak kepolisian, satu kunci di pihak Panwaslu dan satu lagi dipegang oleh KPU Prabumulih. Tujuannya agar surat suara terjaga dengan aman dan baik, sehingga tidak ada pihak yang bisa membuka gudang penyimpanan kalau tidak dilakukan secara bersamaan," Ujar Tito.

Ditambahkannya, pihaknya sudah jauh hari sebelumnya telah menempatkan beberapa personil untuk berjaga di KPU kota Prabumulih. Bahkan juga telah menyiapkan personil untuk menjaga kemanan surat suara selama 24 jam penuh.

"Tidak hanya mengamankan surat suara saja, kita juga sudah siap untuk mengamankan Pilkada dan Pilgub serentak di Kota Prabumulih. Kita berharap situasi dan kondisi dapat terus terjag dengan baik selama perhelatan pesta demokrasi tahun ini," tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Prabumulih M Tahkyul mengatakan, adapun jumlah surat suara yang diterima sesuai dengan nota pesanan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan ditambah dengan 2,5 persen dengan pembulatan ke atas.

"Surat suara sudah kita terima dengan utuh dan lengkap. Seluruhnya ada 65 dus termasuk cadangan untuk pemungutan suara ulang. Masing-masing dus terdiri dari 2000 lembar kertas suara dan ada satu dus yang berisi 1033 lembar sebagai pelengkap dari jumlah surat suara," kata Tahyul.

Sekretaris KPU Kota Prabumulih Dinerson menambahkan, sebelum didistribusikan, pihaknya nanti akan melakukan sortir sekaligus lipat surat suara untuk memeriksa kelayakannya. Jika ditemukan surat suara yang rusak dan tidak layak akan disortir dan dilakukan penggantian baru.

"Nanti akan kita lakukan sebelum kertas suara ini didistribusikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara. Sehingga surat suara yang diterima oleh masyarakat nanti adalah surat siara yang dalam keadaan baik dan dapat sah digunakan untuk pemungutan suara nanti," tandasnya (han/PZ).
Powered by Blogger.