Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Ikuti Acara Pembukaan Pekan Olahraga Pemasyarakatan Peringatan HBP Ke 59 Tahun Secara Virtual

<<


PRABUMULIH, RUBRIKTERKINI -- Pekan Olahraga Pemasyarakatan dalam memperingati rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59 bertemakan "National Inmates Sports Day" resmi dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly pada Sabtu (11/3/2023).


Kegiatan yang digelar terpusat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Cipinang ini sekaligus sebagai pembuka seluruh rangkaian kegiatan Peringatan HBP Ke-59 di seluruh Indonesia, Rutan Kelas IIB Prabumulih Kemenkumham Sumsel sendiri turut mengikuti kegiatan pembukaan secara virtual melalui zoom meeting.


Kesempatan ini dihadiri oleh 43 duta besar, perwakilan Sekretarian ASEAN, perwakilan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), jajaran Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan.


Adapun beberapa duta besar negara sahabat yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Duta Besar Perwakilan Negara ASEAN, Duta Besar Negara Mesir, Venezuela, U.E.A, Saudi Arabia, Qatar, Thailand, Ukraina, Kroasia, Nigeria dan masih banyak lagi.


Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Seluruh UPT Pemasyarakatan di Indonesia secara virtual, berikut pelaksanaan pertandingan eksebisi antara warga binaan dengan stakeholder Pemasyarakatan Wilayah setempat.


Kemudian, dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan olahraga dan permainan tradisional seperti pertandingan mini soccer, balap karung, balap bakiak, permainan bambu gila, dan dansa poco-poco yang tidak hanya diikuti oleh Warga Binaan namun juga para undangan.


Yasonna berharap, para undangan dapat menikmati permainan bersama dalam suasana akrab, termasuk dengan Warga Binaan.


"Melalui kegiatan ini kita juga dapat menunjukkan kepada publik, bahwa Warga Binaan adalah sabahat, saudara kita yang memiliki kesempatan untuk kembali menjadi masyarakat yang baik, berkualitas, taat hukum, dan tidak mengulangi tindak pidana lagi, selaras dengan tujuan dari Sistem Pemasyarakatan," ungkapnya.


Seusai mengikuti Pembukaan seluruh rangkaian kegiatan Peringatan HBP Ke-59 secara virtual, Rutan Prabumulih juga menggelar Pekan Olahraga dan Seni Narapidana (PORSENAP).


Karutan Prabumulih, David Rosehan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 Tahun 2023. 


“Saya harap dengan diadakannya PORSENAP dalam rangka HBP ke-59 ini, dapat memberikan manfaat positif terhadap proses pembinaan bagi Warga Binaan Rutan Prabumulih dan meningkatkan semangat olahraga dan seni, serta mempererat hubungan antara sesama antara Warga Binaan dan Pegawai”. Ujar Karutan


Kegiatan dilanjutkan dengan eksibisi pertandingan futsal dan voli yang diikuti oleh warga binaan maupun pegawai. Pertandingan berlangsung seru dan diikuti dengan begitu antusias oleh para peserta.(*) 


Editor:Heru

No comments

Powered by Blogger.