Pipa Air Asin Pertamina HRZ 4 Prabumulih Kembali Bocor, DLH Bersama PHRZ Verifikasi Lapangan, Ini Tuntutan Warga Terdampak

<<


PRABUMULIH, RUBRIKTERKINI -- Kebocoran Pipa Limbah Air Asin milik Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Prabumulih Field kembali terjadi. Kali ini kebocoran terjadi pada Pipa Air Asin Plow Line 3 inci dari sumur PMB 32 yang terletak di Kelurahan Anak Petai pada Senin 1 Mei 2023. 


Akibat dari kebocoran tersebut, lahan dan aliran sungai kerinci yang terletak di RT. 03 RT.02 Kelurahan Anak Petai  ikut terdampak.


Romli Ketua RT.03 RW.02 Kelurahan Anak Petai menuturkan, kebocoran Pipa Air Asin tersebut diketahui setelah salah satu warganya melaporkan kepada dirinya bahwa ada kebocoran pipa pada Senin 1 Mei 2023 sekira Pukul 11.49 Wib. Selanjutnya ia meneruskan laporan kejadian tersebut kepada pihak Pertamina HRZ 4 Field Prabumulih. Dan, pada Pukul 14.00 WIB  semburan dihentikan oleh Pihak PHRZ 4 Prabumulih.


"Kami menerima laporan dari warga sekira Pukul 11.49 Wib ada kebocoran Pipa lalu kami meneruskan laporan ke Pertamina dan Sekira Pukul 14.00 WIB semburan kebocoran dapat dihentikan oleh Pertamina. Tetapi kami dak tahu dari kapan bocornya itu, " jelas Romli yang biasa disapa Calik ini, Selasa (2/5/2023).


Ia mengatakan, semburan limbah Air Asin tersebut menyembur kearah Mat Fit dan Aliran Sungai Kerinci yang sehari-hari digunakan warganya untuk mencukupi kebutuhan air mandi dan masak. Akibat kejadian tersebut kini warga tak bisa lagi menggunakan air Sungai tersebut.


Sementara itu, ia selaku Ketua RT dan Perwakilan warga meminta pihak Pertamina Hulu Rokan Zona 4 segera mensterilkan lahan dan Aliran Sungai yang menjadi sumber kebutuhan air warga. Hingga kini, menurutnya semburan Limbah Air Asin yang sudah terlanjur mengalir ke Aliran Sungai secara fisik masih tercium dan terasa di aliran Sungai. 


"Saat ini inisiatif swadaya masyarakat  RT. 03 RW.02 membersihkan pinggiran sungai dan memblok laju aliran sungai agar tidak berdampak lebih besar ke hulu Sungai. Dan hari ini, sudah ada dari pihak Pertamina memasang busa pembatas/penyerap minyak," beber Calik.


Diketahui hari ini, Selasa 2 Mei 2023 pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Prabumulih bersama perwakilan Pertamina HRZ 4 Prabumulih dan warga setempat melakukan verifikasi lapangan terkait kebocoran pipa Limbah Air Asin tersebut.


Dalam Berita Acara verifikasi lapangan tertuang beberapa temuan di lapangan, diantaranya terkait kronologis kebocoran,  apa saja yang terdampak ? termasuk pengambilan sampel serta tuntutan warga yang terdampak.


Berikut Berita Acara Hasil Verifikasi Lapangan DLH Kota Prabumulih, PHRZ 4 Prabumulih bersama warga RT. 03 RW. 02 Kelurahan Anak Petai ;


Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Pengawas Pengawas Lingkungan Hidup Ahli Muda Alzabra Elbra ST didampingi Adi Ferdian S.Hut dan Yayuk Suhartati ST menjelaskan kegiatan hari ini adalah Verifikasi Lapangan bersama Pihak PHRZ 4 Prabumulih dan Warga RT.03 RW.02 Kelurahan Anak Petai terkait laporan warga adanya kebocoran pipa Flow Line Air Asin 3 Inci milik PHRZ 4 Prabumulih.


Menurutnya ada beberapa temuan di lapangan terkait kebocoran pipa Flow Line Air Asin 3 Inci milik PHRZ 4 Prabumulih tersebut.


"Jadi hasil temuan yang kita dapati, pertamo yo kebocoran pipa itu sama-sama diketahui diakibatkan oleh korosit. Pipa Flow Line 3 Inci mengalirkan air asin sehingga menyembur keluar dan tumpah ke area titik kebocoran dan aliran Sungai Kerinci, sepanjang 700 meter, " jelasnya.


Lebih jauh dirinya mengatakan ada tumpahan yang berdampak pada badan Sungai Kerinci yang menjadi sumber kebutuhan air warga.


Terakhir pihaknya menyarankan kepada pihak PHRZ 4 Prabumulih  untuk segera melakukan penanggulangan kebocoran, penanganan lokasi area terdampak dan segara melakukan pembersihan lokasi terdampak.


"Yang pertama itu segera melakukan penanggulangan kebocoran, penanganan lokasi areal yang terdampak termasuk juga aliran sungai kerinci yang terdampak oleh tumpahan air asin dari pipa flow line 3 inci tadi. Itu untuk segera dilakukan pembersihan lokasi. Segera dengan melibatkan dari pada pihak perusahaan dan ditambah dengan warga lokal untuk melakukan pembersihan bersama-sama, " pungkas Alzabra Elbar ST Pengawas Lingkungan Hidup Ahli Muda DLH Kota Prabumulih. 


Hadir dalam kegiatan verifikasi lapangan tersebut perwakilan DLH Prabumulih, Perwakilan Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Prabumulih Field, Pihak Pengamanan Ketua RT serta warga. (*) 


Editor:Heru

No comments

Powered by Blogger.