Kebakaran Hutan, Bhabinkamtibmas Polres Prabumulih Berikan Himbauan Kepada Masyarakat

<<
PRABUMULIH, Rubrik terkini.com -- Kebakaran melanda sebuah lahan diwilayah kelurahan Karang raja kecamatan Prabumulih timur, kota Prabumulih, Minggu (12/8) sekitar pukul  13.30 Wib. Banyaknya sisa penebangan pohon dan tumpukan daun kering disertai tiupan angin kencang menyebabkan api cepat membesar.

Kebakaran hutan ini pertama diketahui Yaman warga kelurahan Muara Dua. Agar api tidak menyebar luas, dirinya bersama warga sekitar mencoba memadamkan api dengan alat seadanya sebelum akhirnya petugas pemadam kebakaran datang.

Hingga saat ini, Titik api sudah berhasil dipadamkan. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun dugaan sementara, api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh warga.

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Karang Raja, Bripka Elyas Pikal mengatakan, Pihaknya langsung meninjau lokasi kebakaran tersebut usai mendapatkan laporan dari masyarakat.   

"Mendapat kabar itu kita langsung meninjau lokasi kejadian. Upaya pemadaman tidak mengalami kesulitan. Api berhasil dipadamkan setelah kita dengan masyarakat serta petugas Damkar melakukan upaya pemadaman bersama sama," Ujar Elyas Pikal.

Menyikapi Kebakaran tersebut, Bhabinkamtibmas ini kembali mengingatkan masyarakat untuk saling menjaga keamanan lingkungan terutama bahaya kebakaran lahan dan hutan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Kita terus berupaya menyampaikan himbauan dan larangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena ditakukan akan merembet ketempat lain dan mengakibatkan musibah kebakaran yang besar. Saat ini jangan membuat titik titik api apalagi membuang puntung rokok sembarangan, ini dapat memungkinkan terjadinya kebakaran, baik secara sengaja maupun tidak sengaja," Tandasnya. (Han/Bio)

Diberdayakan oleh Blogger.