Header Ads

Firdaus : Masyarakat Pers Sebagai Penyalur Air Jernih Memberikan Sumber Informasi Menjaga Negeri


LUBUKLINGGAU – Masyarakat pers dalam hal ini media online diharapkan dapat menjadi penyalur air yang jernih dalam memberikan sumber informasi untuk menjaga negeri. Ungkapan ini disampaikan oleh Ketua Umum SMSI, Firdaus, saat menghadiri Acara Forum Silaturahmi Media Online se Sumatera Selatan, di Hotel Smart Kota Lubuklinggau, Sumsel, pada Rabu (2/06/2021).


“Berharap masyarakat pers menjadi penyalur air jernih untuk memberikan sumber informasi untuk menjaga negeri. Ciptakan kebersamaan dan keselarasan dalam membangun peradaban masyarakat dan pembangunan daerah yang lebih baik,” ujar Firdaus dalam sambutannya.


Menurut dia, masyarakat pers harus memiliki kreatifitas dan wawasan yang luas sehingga mampu memberikan informasi dan berita yang edukatif, menarik, dan humanis di tengah masyarakat.


“Semoga melalui Forum Silaturahmi Media Online se-Sumatera Selatan, yang digelar SMSI Sumsel ini mampu menciptakan masyarakat pers yang kreatif, dinamis dan humanis, serta bisa bersama membangun daerah,” harap Mantan Ketua PWI Banten asal OKU ini.


Selanjutnya, acara yang dihadiri Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe bersama Forkopimda, dan Gubernur Sumsel yang diwakili oleh Kadiskominfo Sumsel ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun serta seluruh pengurus daerah SMSI se-Sumsel, organisasi pers dan tamu undangan lainnya.


Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun, yang hadir sekaligus sebagai salah satu Narasumber Seminar di acara tersebut menyampaikan, soal keberadaan media sosial yang dinilainya lebih unggul dari media massa.


“Gejala yang terjadi di seluruh dunia, bahwa media sosial lebih unggul dari media massa. Dikarenakan media kerap mengambil dan mempublikasikan isu atau informasi dari media sosial, dan ini akan membunuh diri kita pelan-pelan,” ungkap Hendry, saat memberikan sambutannya.


Dijelaskannya, fungsi media sosial berbeda dengan media massa. Untuk itu, ia berharap masyarakat pers dapat menciptakan kreasi dan wawasan agar masyarakat tahu hal yang penting dan bermanfaat. 


“Seperti misalnya, mengangkat tentang kehidupan petani, dan lain-lain, yang saat ini sudah sangat jarang diangkat oleh media,” imbuhnya, seraya mengapresiasi kegiatan SMSI Sumsel dan berharap Sumatera Selatan menjadi pelopor untuk masyarakat pers sebagai penyampai lidah bagi masyarakat publik.


Sebelumnya, Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri S.Sos mengatakan, selain untuk silaturahmi sesama pengurus SMSI Sumsel, kegiatan dengan tema "Membangun Semangat Kebersamaan untuk Menjaga Negeri" ini juga diisi dengan Penganugerahan Penghargaan bagi Kepala Daerah, Tokoh Pers, Tokoh Masyarakat, Institusi, Perusahaan BUMN, dan Pengusaha yang dinilai sangat peduli terhadap kemajuan pers di wilayah Sumsel.


“Sebelumnya juga ada malam ramah tamah di Rumah Dinas Wali Kota Lubuklinggau, serta lomba menulis bagi wartawan media online anggota SMSI Sumsel, dan seminar dengan menghadirkan beberapa narasumber, salah satunya Wakil Ketua Dewan Pers,” tandas Jon Heri, dalam sambutannya.(*)

Diberdayakan oleh Blogger.