PT Pertamina Asset 2 Lakukan Kreasi New Normal di kawasan Majasari

<<
Prabumulih Rubrik Terkini – SKK Migas-Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih dan TP PKK Kota Prabumulih, meresmikan Kelurahan Majasari sebagai kawasan kreatif new normal.

Kegiatan itu digelar di Kantor Lurah Majasari, Kecamatan Prabumulih Selatan, Prabumulih, Selasa (14/7/2020).

Pembentukan kawasan kreatif new normal ini, merupakan program rehabilitatif dari dari Pertamina EP dan Pemerintah Kota Prabumulih, setelah periode sebelumnya melaksanakan program reaktif atas terjadinya pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, sebelumnya bahwa pada masa awal terjadinya pandemi telah dilaksanakan program yang bersifat reaktif.

Seperti pemberlakuan PSBB, bantuan hand sanitizer, masker, desinfektan, APD Medis, Westafel Portable, Sembako dan lain-lain.

Setelah adanya pemberlakuan new normal, tentu menjadi tantangan baru bagi seluruh masyarakat karena kegiatan ekonomi, pendidikan, pertanian, dan kemasyarakatan sudah mulai berjalan.

Namun dengan melaksanakan protokol new normal yang telah diatur pemerintah.

PT Pertamina EP Asset 2 CSR Analyst Imam Maulana mengatakan, Pertamina EP dan Pemeritah/TP PKK Kota Prabumulih ingin menjadikan Majasari sebagai kawasan percontohan yang menerapkan new normal.

Dengan diawali melaksanakan lomba kawasan kreatif new normal.

“Tujuannya agar kami mengetahui seberapa jauh masyarakat mengetahui tentang permasalahan Pandemi covid-19 serta protokol pemerintah terkait dengan new normal, serta mengapresiasi peserta terbaik yang terlibat dalam kompetisi tersebut,” ucapnya.

Dalam kompetisi kawasan kreatif new normal Majasari ini, diikuti oleh 20 peserta di Majasari.

Setiap peserta akan mengajukan kawasan yang menjadi percontohan new normal, kawasan tersebut.

Dimana terdiri mulai dari gerbang masuk/gapura, rumah, taman, kebun, dan pekarangan.

Juara 1 pada kompetisi tersebut dimenangkan oleh RT 03 RW 04 dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp7 juta, dan RT 03 RW 01 sebagai Juara 2 dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp5 juta.

Serta Juara 3 dimenangkan RT 02 RW 91 dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp3 juta.

Selain itu, ada juara kategori rumah paling kreatif dan inovatif serta foto dan video terbaik.

Lurah Majasari Inggit Damayanti mengatakan, dalam kompetisi ini aspek yang menjadi penilaian diantaranya tingkat pemahaman masyarat terhadap pandemi covid-19.

Dan protokol pencegahan dan penanggulangan covid-19, pemahaman protokol new normal pemerintah, ketersediaan tempat cuci tangan di setiap rumah, pemanfaatan lahan kosong di pekarangan dan di kawasan sekitar menjadi kebun dan taman obat.

Serta budidaya ikan, atau segala hal yang terkait ketahanan pangan, serta praktek umkm dan ekonomi kecil lainnya yang dilaksanakan dari rumah.

“Alhamdulillah kegiatan lomba kawasan kreatif menuju new normal telah selasai dilaksanakan,” ujarnya.

Dia mengucapkan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada PT Pertamina EP dan SKK Migas.

Semoga kerjasama ini, lanjutnya, dapat berkelanjutan di masa yang akan datang dan dapat terus mendukung kegiatan yg ada di Kelurahan Majasari.

Apresiasi juga disampaikan Ketua TP PKK Kota Prabumulih Suryanti Ngesti Rahayu Ridho, kepada PT Pertamina EP.

Atas dukungannya terhadap Kelurahan Majasari dan apresiasi juga, turut diberikan kepada Kelurahan Majasari atas inovasi yg ada di Kelurahan.

Sebelumnya, PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field telah menjadikan kawasan Majasari sebagai wilayah binaan dengan berbagai macam program.

“Program sampah jadi berkah dengan pembangunan rumah kompos di Majasari menandai Pertamina, sangat peduli terhadap pemanfaatan sampah menjadi kompos,” katanya.

“Yang dapat dapat dimanfaatkan bagi para petani atau pegiat tanaman. Selain itu kita juga terus mendorong masyarakat agar dapat mandiri dalam ketahanan pangan khususnya di masa pandemi ini” ucap Erwin Hendra Putra, Pertamina EP Asset 2 Prabumulih CSR Staff  ( 78 ) 

No comments

Powered by Blogger.