Muba Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

<<


Palembang,RubrikTerkini.com- Komitmen tinggi terhadap bidang lingkungan hidup membuat Kabupaten Muba meraih Penghargaan Nirwasita Tantra Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran Pj Bupati Muba H Apriyadi yang sangat getol menjaga lingkungan hidup Bumi Serasan Sekate.

Penghargaan ini diberikan langsung Gubernur Sumsel Herman Deru ke Pj Bupati Muba Drs Apriyadi MSi yang diwakilkan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin MSi yang didampingi Kepala DLH Muba Andi Wijaya Busro SH MHum di Punti Kayu dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup
Sedunia (HLHS) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun
2022, Sabtu (27/8/2022) di Hutan Wisata Punti Kayu Palembang.

"Capaian ini tentu tidak terlepas dari komitmen Pj Bupati Muba H Apriyadi dalam menjaga lingkungan serta dukungan warga masyarakat Muba," ungkap Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin MSi.

Dikatakan, dari 3 besar tingkat provinsi akan di kirim ke Jakarta untuk di ikutkan dalam penilaian tingkat nasional Nirwasita Tantra Kementerian Lingkungan Hidup Tahun 2023 .

"Kami harap Muba bisa mendapatkan Terbaik Pertama lagi bukan hanya Se Provinsi Sumsel tapi Se Indonesia. Namun semua tidak bisa di lakukan tanpa dukungan serta dukungan masyarakat Muba," katanya.

Lanjutnya, penghargaan Nirwasita Tantra dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas Kepemimpinnya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan.

"Kemudian juga program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya yang tertuang dalam Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD)," terangnya.

Sementara, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan Peringatan Hari Lingkungan Sedunia hari ini bukan hanya menjadi serimonial saja namun betul-betul menjadi peringatan untuk diri sendiri yang harus dipelihara.

"Saya harap semua jajaran yang terlibat langsung atau tidak langsung bisa libatkan anak cucu dan masyarakat untuk memelihara lingkungan. Saya dan Pemerintah Provinsi Sumsel juga mengucapkan selamat kepada yang mendapatkan penghargaan, saya akan terus memantau yang mendapatkan penghargaan hari ini supaya terus melakukan yang terbaik," imbuhnya.

Sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga lingkungan."Kita harus selalu merawat lingkungan di mulai dari hal kecil tidak membuang sampah sembarangan, sampah di daur ulang, tidak membakar sampah sembarangan dan hal-hal besar yang diprogramkan pemerintah di harapkan masyarakat kita ikut serta sehingga lingkungan kita semakin bagus dan semakin terawat," tandasnya.

Selain Nirwasita Tantra, Pemprov Sumsel juga memberikan penghargaan dalam banyak kategori seperti Penghargaan Kalpataru Tingkat Nasional, Kalpataru Tingkat Provinsi Sumsel, Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumsel, Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Provinsi Sumsel, Penghargaan Karhutlah Tingkat Provinsi Sumsel dan juga Penghargaan Khusus dari Gubernur Sumsel atas dukungan terhadap anggota Polri yang memperoleh penghargaan Kalpataru tingkat Nasional. Gubernur Sumsel juga memberikan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tingkat Provinsi Sumsel.(Maryunika)
 

No comments

Powered by Blogger.