Butuh Pertolongan, Pj Bupati Apriyadi Jamin Kebutuhan Hidup Samuel dan Sang Adik

<<


Muba, RubrikTerkini.com- Kondisi memprihatinkan dialami Samuel (28) warga C5 Desa Rimba Ukur Kecamatan Sekayu Kabupaten Muba. Samuel bisa dikatakan hidup dengan kondisi tidak layak dan sangat membutuhkan pertolongan dari para dermawan, betapa tidak selain menjadi penderita Jantung Bocor dirinya juga harus mengurus kehidupan adik perempuannya yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Mirisnya lagi, Samuel dan sang adik yang saat ini tinggal di gubuk reot tersebut sudah ditinggal sang ibu setahun yang lalu karena meninggal dunia dan sang ayah tiri yang pergi meninggalkan keduanya.

Kondisi kehidupan Samuel ini membuat Pj Bupati Muba Apriyadi prihatin, di sela kunjungan kerja dirinya ke Kecamatan Plakat Tinggi, mantan Kabag Kesra Muba itu menyambangi secara langsung kediaman Samuel, Selasa (30/8/2022) pagi.

Dengan membawa sembako serta memberikan sejumlah uang kepada Samuel, didampingi Kepala Desa C5 Rimba Ukur, Pj Bupati Apriyadi meminta agar warga setempat juga turut peduli kepada Samuel dan sang adik yang merupakan ODGJ.

"Ini jelas sangat memprihatinkan dan sangat membutuhkan pertolongan. Saya sudah Minta Kepala Dinas Kesehatan dengan Kades setempat untuk memfasilitasi rawat jalan Samuel dan adiknya," hal hal seperti Pemerintah atau Negara harus hadir untuk rakyatnya, ungkap Apriyadi saat mendatangi kediaman Samuel.

Mantan Kadinsos Pemprov Sumsel ini juga mengungkapkan, jantung bocor yang dialami Samuel memiliki resiko tinggi dan nanti akan dilakukan tindakan operasi. "Jadi kita fasilitasi rawat jalan dan selalu dipantau kesehatannya, serta kebutuhan hidup sehari-hari akan terjamin,"  dan ini saya minta menjadi perhatian kita bersama terangnya.

Apriyadi menegaskan, kepada seluruh perangkat desa dan Kecamatan untuk segera melaporkan ke Pemkab Muba ketika menemukan kondisi warga yang butuh pertolongan segera.

"Laporkan segera apabila ada kondisi warga yang butuh pertolongan segera, jadi kita bisa memberikan bantuan dan mencarikan solusi. Kita harus peka dengan kebutuhan hidup warga Musi Banyuasin yang butuh pertolongan," tegasnya.

Kepala Desa C5 Rimba Ukur, Pio mengungkapkan Samuel dan sang adik tak jarang hidup Sehari-hari dengan belas kasihan warga sekitar. "Warga sering memberikan makanan dan bantuan lainnya, mereka dua saudara ini ibunya telah meninggal dunia dan ayah tiri-nya meninggalkan mereka pergi entah kemana," ungkapnya.

Lanjut Pio, Samuel memiliki seorang adik laki-laki dan baru-baru ini sudah bekerja di pabrik. "Adiknya ini yang juga mengurus kehidupan sang kakak Samuel," terangnya.

Pio mengucapkan Terima kasih kepada Pj Bupati Apriyadi yang langsung menyambangi kediaman Samuel dan adik. "Saya juga terkejut setelah melapor, pak Bupati Apriyadi langsung datang ke lokasi dan akan menjamin kebutuhan hidup Sehari-hari Samuel," ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinkes Muba agar memperhatikan pengobatan rawat jalan Samuel yang menderita jantung bocor. "Samuel ini sudah mengalami resiko tinggi untuk dilakukan tindakan operasi, jadi akan kita fasilitasi rawat jalan," pungkasnya.(Maryunika)
 

No comments

Powered by Blogger.