Header Ads

Presiden Himbau Berhemat, Coret Kegiatan Tak Penting, Perbanyak Belanja Modal

Rubrikterkini.com, Jkt – Demi melakukan penghematan keuangan Negara, dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), meminta agar semua kementerian/lembaga (K/L) melakukan penghematan besar-besaran.

Menurutnya, dengan melakukan penghematan maka diharapkan belanja modal dapat lebih banyak dan besar lagi. “Penghematan ini, sudah sering saya sampaikan, di setiap ada kesemptan,” kata Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai bersama Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melakukan konperensi pers bersama usai keduanya memimpin pertemuan bilateral delegasi kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/4) sore.

Diterangkan Presiden, untuk penghematan itu, hal yang perlu dilakukan yakni, menggeser belanja barang, belaran aparatur untuk masuk kepada belanja modal, sehingga belanja pembangunan, belanja yang bisa dirasakan oleh rakyat itu bisa lebih besar. “Saya kira banyak sekali biaya-biaya yang bisa dipotong, banyak sekali biaya-biaya yang bisa dihemat, dan itu bisa dilarikan pada belanja modal. Lihatlah lagi yang 2017 maupun nanti yang 2018. Oleh sebab itu, saya kemarin memerintahkan kepada seluruh menteri dan lembaga untuk dicek satu per satu secara detil, mana yang kira-kiranya rutinistas, mana yang kiranya yang tidak bermanfaat langsung coret masukan ke belanja modal,” pungkasnya. (04/skb).
Diberdayakan oleh Blogger.