Header Ads

Wakil Bupati Resmi Buka Festival Desain Motif Batik Khas Lahat Bercahaya

Festival Desain Motif Batik resmi dibuka.
LAHAT, RT -  Mungkin tak banyak orang yang tau ternyata Lahat memiliki Batik dengan ciri khasnya. Buktinya, Pemkab Lahat memperkenalkan motif batik khas melalui Festival Desain Motif Batik Khas Lahat Bercaya Tahun 2020.

Acara itu sendiri digelar di Gedung Kesenian Lahat (16/03/19) dibuka langsung Wakil Bupati (Wabup) H. Haryanto, SE, MM, MBA dan disaksikan Ketua TP PKK Lahat, Lidya Wati Cik Ujang.

Ketua TP PKK Lidyawati Cik Ujang mengharapkan, melalui festival tersebut para generasi muda dan masyarakat Lahat pada umumnya dapat mencintai serta menjaga kelestarian batik Lahat.

Diakuinya, batik disemua daerah mungkin ada perbedaannya dari motifnya dan Lahat juga mempunyai motif batik yang berbeda dengan daerah - daerah lainnya.

"Kami berharap akan di peroleh desain matif batik yang menarik, elegan dan bernilai seni yang mengambil sumber inspirasi yang mengusung kearifan lokal seperti cerita rakyat, flora dan fauna khas lahat, rumah adat dan ornamennya, tulisan huruf kengende dan lain sebagainnya," ucap Lidyawati.

Sementara itu Wabup Lahat H. Haryanto,SE,MM, MBA dalam mengatakan, batik merupakan wujud dari hasil cipta dan karya seni yang diekpresikan pada desain motif kain, pakaian, sarung dan kain dekoratif lainnya.

"Sejalan dengan perkembangannya nilai-nilai sosial dan budaya bangsa indonesia. Pada hari ini diadakan festival desain motif batik khas lahat bercahaya yang mengusung kearifan lokal atau ikon masing-masing. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih dekat dengan batik Lahat dan para peserta dapat berkreaksi seluas-luasnya,"ujar H. Haryanto. (Kominfo Lahat/ Fry)
Diberdayakan oleh Blogger.