Header Ads

Arab Saudi Mitra Terpenting Indonesia


Rubrikterkini.com, Jkt – Presiden Republik (RI) Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud, Presiden menilai kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini merupakan kunjungan bersejarah, hal itu dikarenakan Arab Saudi adalah salah satu mitra terpenting bagi Indonesia, untuk melakukan kerjasama baik Bilateral maupun Multilateral.

“Baik dari segi hubungan antar masyarakat maupun hubungan ekonomi dan politik, Arab Saudi merupakan salah satu mitra terpenting di Timur Tengah, bagi Indonesia, dalam hubungan Bilateral maupun Multilateral,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pertemuan bilateral delegasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan delegasi Kerajaan Arab Saudi, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3) sore. Seusai pertemuan bilateral kedua pemerintah dilakukan serangkaian penandatanganan dalam berbagai bidang yang dilakukan oleh para menteri terkait, disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Raja Salman. Tampak hadir dalam kesempatan itu para menteri dari kedua Negara.

Presiden juga yakin, sebaga sesame Negara muslim, Arab Saudi dapat menjadikan Indonesia sebagai mitra strategis, dalam upayanya mencapai 2030. Presiden menyatakan itu, dikarenakan kedua Negara adalah dua Negara besar, yang berpengaruh di kawasannya. “Karena itu, penting, bagi dua Negara melanjutkan dan meningkatkan kerjasamanya,” bebernya.

Presiden juga mengharapkan, agar hubungan Indonesia dan Arab Saudi, yang dipersatukan oleh Islam, persaudaraan, akan dapat saling menguntungkan. “Bagi Indonesia, Arab Saudi mempunyai posisi penting, karena menjadi salah satu dari tujuh negara pertama yang memberi pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Raja Salman mengucapkan terima kasihnya atas sambutan hangat atas kunjungan ke Indonesia. “Kita harap agar Arab Saudi dapat berkontribusi dalam berbagai bidang kerjasama yang sudah terjalin selama ini, untuk dapat lebih ditinkatkan lagi, sesuai harapan dari masing – masing Negara. Kita berdoa kepada Allah SWT dapat memberikan kesuksesan kita bersama,” pungkasnya. (04/skb).
Diberdayakan oleh Blogger.