Header Ads

Warga Swadaya Perbaiki Jalan

Prabumulih, RT – Dikarenakan sering becek dan banjir, di Jalan M Yamin dan Jalan Pranasib, yang berlokasi di pasar inpres belakang, maka warga sekitar melakukan perbaikan jalan secara swadaya, dengan bergotong royong bersama.

“Jalan disini, kalau hujan sebentar saja pastinya banjir, minimal becek, keadaan ini, menyebabkan warga enggan masuk kepasar ini untuk berbelanja. Karena itu kita disini berinisiatif melakukan perbaikan, dengan melakukan penambalan yang rusak, dan pemasangan pipa, supaya air tidak lagi tergenang,” kata Yuli (41) penjual gado-gado tepat di samping jalan becek yang sekarang sudah diperbaiki.

Menurut ibu empat orang anak ini, bajir dan kerusakan jalan yang sangat parah di pasar belakang tersebut dibenari secara swadaya mandiri oleh masyarakat setempat atas nama H Ansori yang memiliki ruko dalam pasar becek. “Pemerintah kan sudah tahu keadaan disini, tapi sampai sekarang belum ada tindakan. Karena kelamaan menunggu, entah sampai kapan, jadinya kita yang benari,” bebernya seraya mengatakan pengecoran dilakukan secara gotong royong selama dua hari terakhir.

Dengan perbaikan ini, jalanan yang tadinya becek kini sudah nyaman dilalui. Namun yang diperbaiki hanya sekitar ruko tempat H Ansori saja, sedangkan seberang jalan masuk pranasib masih terlihat seperti anak sungai, karena air terus mengalir. “Nah kalau sudah bagus seperti ini, aman juga kalau mengajak anak-anak jalan ke Pasar,tak perlu digendong lagi, kalau dulu sangat susah lewat disini, karena becek dan banyak genangan air bekas hujan, yang tak kering - kering,” tandas Meri salah seorang pengunjung pasar.

Selain pengunjung pasar, pada tukang ojek pun merasa nyaman mencari penumpang dan membawakan barang penumpang. Aktivitas dipasar makin lancar semenjak jalan diperbaiki. “Alhamdulillah pokoknya kami merasa sangat senang, pembeli dan penjual merasa nyaman dipasar kalau pasar bersih,” pungkasnya. (01)
Diberdayakan oleh Blogger.