Pangdam II/SWJ Bangga, Ada Sinergi Pemkab Bersama TNI Mensejahterakan Masyarakat

<<


MUARA ENIM, RUBRIKTERKINI -- Pangdam II/SWJ, Mayjend TNI Yanuar Adil bersama istri, Mila Yanuar Adil melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Desa Tapus, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim dalam rangka HUT TNI 78, Selasa (10/10/2023).


Guna melaksanakan sejumlah bakti sosial (Baksos), dilakukan Korem 044/GAPO melalui program Bersih Sehat Ramah Lingkungan (Besemah) di wilayah Kodim 0404/Muara Enim di Desa Tapus, Kecamatan Lembak.


Danrem 044/GAPO, Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTrHan menjelaskan, lewat program Besemah ini membangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Mandi Cuci Kakus (MCK) bagi masyarakat di wilayahnya. Salah satunya, di Kodim 0404/Muara Enim.



“Program Besemah ini, seiring program KASAD Jenderal DR H Dudung Abdurachman SE MM. Yaitu; TNI Manunggal air lewat pembangunan sumur bor, penurunan angka stunting, dan lainnya,” ujar Danren 044/GAPO.


Kata Jenderal Bintang Satu ini, lewat program Besemah ini bisa mengedukasi kepada masyarakat, hidup bersih dan lingkungan sehat.


“Kita terima kasih khususnya kepada Pemkab Muara Enim, mendukung rangkaian kegiatan HUT TNI 78 di Desa Tapus, Kecamatan Lembak ini,” tukasnya.


Lewat program Besemah Korem 044/GAPO bersama Kodim 0404/Muara Enim ini, membantu Pemkab Muara Enim mengentaskan kemiskinan, stunting, dan lainnya.



“Di Desa Tapus ini, juga dilakukan pengobatan gratis, pemberian sembako. Secara serentak, juga kita lakukan kegiatan ini di seluruh Kodim di bawah naungan Korem 044/GAPO,” bebernya.


Rincinya, hingga 2023 ini, Korem 044/GAPO telah membangun 29 unit RTLH. Lalu, pembangunan MCK di 24 titik. Meliputi; 87 kamar mandi dan WC, 23 sumur bor, dan lainnya.


“Subsitanknya, kita pakai bio filter. Sehingga, bukan lagi tinja hasilnya. Tetapi, air jernih. Kegiatan ini, upaya memberikan stimulus, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan bagi masyarakat. Tugas TNI, akan terus dilakukan. Membantu tugas pemerintah,” tandasnya.



Pj Bupati Muara Enim, H Ahmad Rizali MA mengatakan, atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat, mengucapkan selamat datang di Desa Tapus, Kecamatan Lembak.


“Dirgahayu HUT TNI 78, terima kasih pengabdian TNI dan kemanunggalannya di Kabupaten Muara Enim. Kita mendukung adanya kesatuan ini di Bumi Serasan Sekundang,” kata dia.


Akunya, Kabupaten Muara Enim aman dan kondusif serta zero konflik. Ini, akunya tidak lain baiknya sinergi TNI-Polri bersama Pemkab Muara Enim dan juga masyarakat.


“Mari kita bersama membangun Kabupaten Muara Enim, agar lebih maju lagi,” bebernya.


Pangdam II/SWJ, Mayjend TNI Yanuar Adil mengakui, mengapresiasi program Besemah ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat.


“Rangkaian HUT TNI 78, digelar di seluruh Kodam, termasuk di Jakarta dipimpin Panglima TNI. Dimeriahkan baksos, berupa; operasi katarak, sunnat massal, pengobatan gratis, pembagian sembako, dan lainnya,” tukas Mantan Danrem 041/GAMAS.



Kata Yanuar, kegiatan ini adalah peresmian RTLH sebagai pemenuhan kebutuhan primer. “Kita cukup senang, ada kolaborasi Pemkab Muara Enim dan Kodim 0404/Muara Enim dalam rangka mensejahterakan masyarakat,” jelasnya.


Ditekankannya, TNI harus bisa menjadi solusi bagi masyarakat dan hal ini positif dan dipertahankan. “Ayo sama-sama bergerak, mensejahterakan masyarakat. Kodam II/SWJ, juga menekan stunting lewat dapur masuk sekolah,” pungkasnya. (*) 


Editor:Heru

No comments

Powered by Blogger.