Menjelang Kesiapan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, Ini Yang Dilakukan DPRD Sumbar

<<


SUMBAR, RUBRIKTERKINI -- Wakil ketua DPRD Provinsi Sumbar, Irsyad Safar didampingi anggota Komisi V, Afrizal dan Kasubag Persidangan dan Perundang-undangan Zardi Syahrir meninjau kesiapan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang menjelang keberangkatan Jemaah haji Sumatera Barat, Rabu (08/5/2024).


Kedatangan Irsyad Safar serta rombongan disambut ramah oleh kepala Asrama Haji Embarkasi Padang, Afrizen.


“Hari ini kita sudah tinjau kesiapan Asrama Haji Embarkasi Padang termasuk seluruh kamar-kamar yang ada. Alhamdulillah, persiapan sudah sangat baik dan ada peningkatan dari tahun sebelumnya,” ujar Irsyad.


Irsyad Safar tambahkan, DPRD Sumbar terus mensupport UPT Asrama Haji Embarkasi Padang agar proses pemberangkatan jemaah haji Sumatera Barat berjalan lancar dan sukses.


“Kita akan dukung semaksimal mungkin supaya proses pemberangkatan jemaah haji Sumatera Barat berjalan lancar mulai berangkat sampai pulang nantinya,” kata Irsyad.


Irsyad Safar juga meminta UPT Asrama Haji Embarkasi Padang untuk mengantisipasi layanan terhadap JCH selama berada di asrama apabila terjadi erupsi Gunung Marapi dan menyebabkan penerbangan terganggu, sehingga berpotensi terjadi penumpukan jamaah di Embarkasi Padang.


“Apabila erupsi Gunung Merapi terjadi dan mengganggu penerbangan, maka operasional BIM akan ditutup. Kondisi demikian sudah pernah terjadi, saat erupsi Gunung Marapi. Untuk itu kami minta UPT Embarkasi Padang mengantisipasi hal tersebut,” kata Irsyad.


Sementara, anggota komisi V DPRD Sumbar Afrizal mengingatkan, petugas kesehatan bagi calon jemaah haji untuk memberikan pelayanan yang lebih baik apalagi jemaah lansia.


“Saya pernah mengalami kejadian pahit waktu saya berangkat haji beberapa tahun lalu. Saya sempat bertengkar dengan petugas kesehatan karena pelayanannya tidak ramah. Mudah-mudahan tahun ini tidak terjadi lagi,” ungkap Afrizal.


Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, Afrizen mengucapkan terima kasih atas kunjungan DPRD Sumbar dalam rangka silaturahmi dan melakukan peninjauan terkait kesiapan Asrama Haji Padang menyambut jemaah haji Sumatera Barat.


Afrizen katakan, tahun ini UPT Embarkasi Padang memberangkatkan jemaah haji Sumatera Barat sebanyak 4.837 jemaah yang dibagi menjadi 17 kloter.


“Jumlah jemaah haji tahun ini meningkat dari tahun kemarin. Kita akan terus berbenah agar bisa memberikan pelayanan prima untuk para jemaah,” kata Afrizen.


Kemudian lanjut Afrizen, UPT Asrama Haji Embarkasi Padang juga sudah menyiapkan tim khusus untuk menangani jemaah haji lansia, sama dengan tahun kemarin, motto tahun ini yaitu “Ramah Lansia dan Berkeadilan”.(*) 


Editor:Heru

No comments

Powered by Blogger.