Hari Raya Nyepi, Masyarakat Diminta Saling Menghormati

<<


PRABUMULIH, RUBRIKTERKINI -- Sebagian masyarkat Dusun III Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), merayakan Nyepi tahun baru saka 2023.


Untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di sekitar perumahan masyarakat hindu, Kapolsek RKT Iptu Dedi Apriansah diikuti personel tersprint melakukan monitoring pengamanan.


"Kita melaksanakan kegiatan pengamanan dan monitoring pelaksanaan Ibadah Nyepi di rumah - rumah masyarakat yang beragama Hindu," katanya. Rabu (22/3/2023).


Informasi dari perangkat Desa setempat, lanjut Iptu Dedi, umat hindu melaksanakan 4 Bratha penyepian, yaitu tidak boleh bepergian keluar rumah, berpuasa diri, tidak boleh bersenang – senang dan tidak boleh menyalakan api.


Lanjutnya, masyarkat Dusun III Desa Karya Mulya sudah terbiasa hidup berdampingan meski berbeda agama. Jadi selama monitoring, belum ditemukan kejadian menonjol.


"Selama masyarakat Hindu melaksanakan Nyepi berdiam dirumah, warga lain juga membantu memonitoring keamanan lingkungan," ujarnya. 


Menurutnya, keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan suatu hal yang mutlak untuk di jaga secara bersama sama. "Intinya masyarakat kita minta untuk saling menghormati satu sama lain demi terciptanya keamanan dan ketertiban," pungkasnya. (*) 


Editor:Heru

No comments

Powered by Blogger.